Skip to main content


Cara Melatih Konsentrasi Anak

Cara Melatih Konsentrasi Anak Agar Lebih Fokus dalam Belajar

Prestasi belajar anak sangat ditentukan oleh bagaimana ia fokus dalam menangkap setiap pelajaran yang disampaikan. Pada saat itulah konsentrasi penuh sangat dibutuhkan. Sebenarnya, anak tidak hanya perlu untuk berkonsentrasi saat belajar. 

Konsentrasi pun diperlukan saat mereka menjalin komunikasi dengan orang lain agar terdapat respon yang baik saat berinteraksi.

Kurangnya konsentrasi pada anak dapat membuat perhatiannya mudah teralihkan sehingga ia tidak bisa fokus dalam satu hal.

Berikut akan dijelaskan beberapa cara melatih konsentrasi anak secara efektif.






Melatih Konsentrasi Anak dengan Mengenalkan Pola Hidup Mandiri.

Anak dengan usia di bawah 12 tahun memang sering mengalami gangguan konsentrasi. Padahal di usia tersebut anak sedang mengalami proses pembelajaran dini yang akan menentukan masa depannya kelak.

Latihan konsentrasi anak dapat diperkenalkan oleh para orang tua dengan membiasakan si anak untuk mandiri. 

Kemandirian sangat berkaitan erat dengan aktivitas tubuh dan adanya reflekz untuk tidak bergantung pada orang lain. 

Jika mandiri sudah ditanamkan pada anak, biasanya anak pun cenderung akan menjalani hidupnya lebih teratur dan mulai bisa membedakan mana yang baik dan buruk baginya sebab ia sudah mengetahui bahwa ia memiliki kewajiban penuh untuk menjaga dirinya sendiri.






Memperkenalkan Permainan Yang Dapat Mengasah Daya Pikir dan Konsentrasi Anak.

Cara melatih konsentrasi dan daya ingat anak juga bisa dilakukan melalui game atau aktivitas yang mampu
merangsang konsentrasi otaknya, minesweeper, sudoku atau game lain yang membutuhkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi. 

Untuk anak yang masih berusia di bawah 5 tahun, puzzle mungkin merupakan permainan yang paling tepat untuk melatih daya ingat. Selain itu, puzzle juga dapat membantu anak untuk mengenal berbagai pola dan gambar. 

Bermain dengan si kecil dengan permainan yang edukatif akan lebih efektif ketimbang memaksanya untuk belajar dalam suasan yang formal. Karena, pada dasarnya, usia anak merupakan usia bermain dan ada baiknya jika aktivitas belajar mereka juga dilakukan saat mereka bermain. 

Dengan begitu, di kemudian hari anak tidak akan mendapat bayangan yang buruk saat mendengar kata " belajar ".

Memperhatikan Pola Makan dan Asupan Nutrisi Si Kecil

Gizi dan makanan memang tidak bisa dipungkiri memegang penting dalam menentukan kecerdasan mental seorang anak. Anak yang tercukupi asupan nutrisinya akan memiliki tubuh yang kuat serta perkembangan otak yang maksimal.

Sulitnya berkonsentrasi bisa disebabkan oleh hilangnya salah satu asupan nutrisi tertentu seperti gula dan lain sebagainya.

Anak-anak pun sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung penyedap rasa MSG yang pengaruh buruknya dapat mempengaruhi intelegensia seorang anak, yang salah satunya kesulitan dalam berkonsentrasi.



Salah satu cara yang dapat membantu mengatasi permasalahan konsentrasi pada anak adalah dengan memberikannya suplemen pendamping makan yang memiliki kandungan alami yang sangat diperlukan oleh tubuh. 

Madu Anak Super adalah suplemen yang sangat cocok untuk anak karena mengandung khasiat alami madu, propolis, habbatussauda, sari kurma dan curcuma. 

Madu Anak Super juga memiliki zat yang sangat diperlukan tubuh anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan, seperti zat besi, mineral, fosfor, vitamin B komplek dan lain sebagainya. 

Kandungan Fruktosa dan glukosa alami diserap dalam tubuh juga menjadikannya sangat baik untuk pencernaan sekaligus melindungi data tahan tubuh si kecil agar tidak gampang sakit.

Jadi, selain dengan permainan dan asupan makanan bergizi, pemberian suplemen pendamping makan juga merupakan strategi efektif cara melatih konsentrasi anak.

Comments